expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

13/02/2021

KAGUMI TOKOH DI SERIAL ERTUGRUL, PEREMPUAN INI MEMELUK ISLAM



Hidayatullah.com — Terkesan dengan ajaran Islam yang ditampilkan oleh salah seorang karakter dalam sejarah populer “Kebangkitan Ertugrul,” seorang perempuan berumur 60 tahun yang di kota kecil di negara bagian Wisconsin, AS, memeluk Islam. Dilansir Daily Sabah pada Jumat (05/02/2021) serial yang sangat populer tentang suku Turki yang kemudian mendirikan Kekaisaran Utsmaniyah, memiliki banyak pengikut dari seluruh dunia, dari Amerika hingga Asia.

Kisah ini menghidupkan kembali minat pada gaya hidup kuno Turki dan sejarah Turki pra-Utsmaniyah. Bagi Khadijah, begitu dia menyebut dirinya sekarang, adalah Ibnu Arabi, karakter yang berperan sebagai mentor spiritual untuk karakter utama acara Ertuğrul Gazi, yang membuatnya ingin memeluk Islam

Perempuan, yang tidak memberikan nama aslinya dan tidak mengungkapkan tempat tinggalnya di Wisconsin, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) pada hari Jumat bahwa dia menemukan serial tersebut, yang disiarkan antara 2014 dan 2019 oleh jaringan TRT, di Netflix, pada hari ketika dia “sedih”.  “Serial itu tentang sejarah yang tidak saya ketahui. Itu menarik perhatian saya dengan apa yang dikatakannya tentang Tuhan, Islam, perdamaian, keadilan dan membantu yang tertindas,” katanya.

Tidak lama baginya untuk menjadi penggemar. Tapi Arabi menonjol di antara karakter lain untuknya. Arabi, seorang ulama Andalusia Arab di kehidupan nyata yang digambarkan sebagai kenalan Ertuğrul, pemimpin Suku Kayı, adalah karakter yang dicintai di antara para penggemar karena kata-kata bijaknya berdasarkan keyakinan Islamnya.


“Perkataannya terkadang membuatku menangis. Dia adalah karakter favoritku. Pertunjukan itu memikat saya, dan saya menonton semua season empat kali. Saya sering berhenti bermain dan mencari hal-hal yang dibicarakan oleh para karakter di internet. Saya mulai mencari lebih banyak informasi tentang Islam dan Kekaisaran Utsmaniyah,” katanya.

Sebelumnya merupakan seorang Kristen Baptis, Khadijah mengatakan nilai-nilai moral yang dianut karakter dalam pertunjukan itu untuk memenangkan hatinya. “Menemukan pertunjukan ini adalah pertanda bagi saya. Saya memiliki pertanyaan tentang iman dalam pikiran saya dan itu menjelaskannya,” katanya.

Dia melanjutkan untuk belajar lebih banyak tentang Islam dan membaca terjemahan bahasa Inggris dari kitab suci Islam, Alquran, sebelum memutuskan untuk masuk Islam. Dia mengunjungi masjid setempat dan bertemu dengan komunitas Muslim “baik” di sana. Dia berlatih cara sholat dan akhirnya mengucapkan Syahadat, kalimat yang diperlukan untuk masuk Islam dan berarti “tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya.”

Ibu enam anak, yang sekarang berhijab, mengatakan bahwa anak-anaknya tidak pernah bertanya tentang keyakinan barunya dan hanya putra bungsunya yang mengetahui bahwa dia sekarang adalah seorang Muslim.  Lain halnya dengan teman-temannya.

“Yang lain mengira saya dicuci otak. Mereka berhenti menemui saya setelah saya menjadi mualaf. Saya tidak berdebat dengan mereka. Saya tidak mengatakan apa-apa tentang iman mereka dan mereka tidak boleh mengatakan apa-apa tentang iman saya,” katanya.

Khadijah sekarang berencana untuk mengunjungi Turki tempat syuting pertunjukan populer dan mengunjungi tempat-tempat para tokoh yang diperankan dalam serial itu tinggal dan dikuburkan. “Saya bahkan berpikir untuk pindah ke Turki. Untuk saat ini, saya merencanakan perjalanan di bulan Juni, jika pandemi berakhir. Bahkan memikirkan perjalanan ini membuat saya menangis,” katanya.

Satu tempat yang ingin dia kunjungi adalah makam Ertuğrul, yang putranya Osman melanjutkan untuk membangun Kekaisaran Utsmaniyah.  “Saya berterima kasih kepada Allah setiap hari. Saya berterima kasih kepada-Nya karena telah memberi saya hari lain dalam hidup ini. Orang tidak menyadari betapa singkatnya itu. Pesan saya kepada banyak orang adalah bahwa mereka tidak boleh menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang salah. Hidup bukanlah tentang apa yang Anda kenakan, mobil apa yang Anda kendarai. Lihat sekeliling, perhatikan baik-baik,” katanya.*

Sumber : www.hidayatullah.com