expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

25/12/2020

DISANGKA WAFAT, TERNYATA RASULULLAH DAPAT WAHYU KEUTAMAAN



Abdurrahman bin Auf mempercepat langkah kakinya. Hari itu gilirannya untuk mendampingi Rasulullah, namun ia terlambat. Akhirnya, terlihatlah olehnya sosok yang mulia itu masuk ke salah satu kebun Al Aswaf lalu menunaikan shalat.

Abdurrahman bin Auf mulai panik. Rasulullah tak juga bangkit dari sujudnya. Lama. Sangat lama hingga membuat Abdurrahman bin Auf menangis. “Apakah mungkin Allah telah mencabut ruh beliau?” lintasan hati Abdurrahman bin Auf makin membuatnya terisak-isak.

“Ada apa denganmu?” suara itu menyadarkan Abdurrahman bin Auf dari kesedihan yang meliputinya. Tangisnya terhenti, isaknya mereda.

“Ya Rasulullah, engkau sujud lama sekali hingga aku berkata dalam hati ‘Allah telah mencabut ruh Rasul-Nya, aku takkan melihatnya lagi selama-lamanya.”

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam lantas bersabda:
“Aku bersujud untuk bersyukur kepada Rabbku karena nikmat yang telah Dia karuniakan kepadaku, barangsiapa di antara umatku yang bershalawat satu kali untukku, niscaya Allah mencatat untuknya 10 kebaikan dan menghapus darinya 10 dosa.


Melalui hadits riwayat Abu Ya’la dan Abu Syaibah yang dicantumkan dalam Shahih at Targhib wa at Tarhib ini, kita mendapatkan pelajaran berharga. Betapa besarnya kecintaan para sahabat kepada Rasulullah dan betapa besarnya kecintaan Rasulullah kepada umatnya.

Khawatir sesuatu terjadi pada Rasulullah, Abdurrahman bin Auf tak kuasa menahan tangisnya. Terlebih, ia merasa terlambat dan belum sempat bersua dengan beliau tercinta. Sahabat-sahabat lain juga memiliki kecintaan besar.

Misalnya Khabab bin Al Art. Ketika berada di ujung maut oleh siksa kafir Quraisy, ia ditawari bagaimana seandainya Rasulullah menggantikan dirinya. “Bahkan, aku tidak rela seandainya Rasulullah tertusuk duri,” jawab Khabab membuat penyiksanya semakin murka.

Cinta Rasulullah kepada sahabat dan umatnya tak kalah besar. Beliau rela menanggung segala beban dakwah demi umatnya. Asal umatnya menerima hidayah, asal umatnya terselamatkan dari neraka.

Dan kali itu, Rasulullah sangat bersyukur kepada Allah. Beliau memperpanjang sujud hingga sahabat sekaliber Abdurrahman bin Auf menyangka beliau wafat karena begitu lamanya beliau bersujud.

Beliau memperpanjang sujud tersebab menerima wahyu; siapa yang mengucapkan shalawat kepada beliau, Allah membalasnya dengan 10 kebaikan dan dihapus darinya 10 dosa.

Pertanyaannya, apakah kita juga mencintai Rasulullah ? Jika cinta, perbanyaklah membaca shalawat. Dan untuk tiap shalawat, Allah menyediakan 10 kebaikan dan penghapusan 10 dosa. Masya Allah… luar biasa, bukan?! [Muchlisin BK/Bersamadakwah].

Sumber :


Contoh Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW Yang Pendek

Shalawat kepada Nabi Muhammad merupakan bentuk kita cinta kepada beliau. Apa yang beliau perintahkan kepada kita semuanya adalah ibadah. Salah satu bentuk ibadah dengan ucapan namun pahalanya yang luar biasa adalah shalawat kepada nabi Muhammad SAW.

Shalawat kita akan tetap sampai walaupun kita jauh. Teringat saat mendengar cerita rosululloh SAW saat beliau akan meninggalkan kita. Yang dipikirkan baliau bukan keluarganya, akan tetapi adalah umatnya. Betapa baliau sangat mencintai kita. Semoga kita bisa bertemu beliau kelak dan mendapatkan syafaatnya ketika di akhirat.

Keutamaan membaca shalawat nabi sangatlah luar biasa. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah SAW  bersabda:
“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”  HR an-Nasa’i (no. 1297), Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban (no. 904) dan al-Hakim (no. 2018), dishahihkan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim dan disepakati oleh adz-Dzahabi, juga oleh Ibnu hajar dalam “Fathul Baari” (11/167) dan al-Albani dalam “Shahihul adabil mufrad” (no. 643).


Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan anjuran memperbanyak shalawat tersebut[2], karena ini merupakan sebab turunnya rahmat, pengampunan dan pahala yang berlipatganda dari Allah Ta’ala.

Subhanahu wa ta'ala berfirman:
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. 33:56)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408)

Setelah mengetahui betapa mulianya kita bershalawat kepada nabi Muhammad SAW, kita harus bisa mengamalkan amalan tersebut yaitu bershalawat kepada nabi. Berikut contoh bacaan shalawat nabi muhammad saw yang pendek:

1. Dari Zaid bin Abdullah berkata bahwa sesungguhnya mereka dianjurkan mengucapkan :
“Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi."
[Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi]”

(Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam no. 60. Syaikh Al Albani mengomentari bahwa hadits ini shohih).

2. Selain di atas, kamu juga bisa membaca shalawat yang pendek sebagai berikut:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ucapkanlah, :
“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.”  
[Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia]. 

(Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam no. 56. Syaikh Al Albani mengomentari bahwa sanad hadits ini shohih)

3. "Allohumma sholli wa sallim 'ala nabiyyinaa muhammad." 
[Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam kepada nabi kami muhammad]

Dibaca 10 kali baik pada pagi hari maupun sore hari. {Barang siapa yang bershalawat untukku 10 kali pada pagi hari, dan 10 kali pada sore hari. Maka ia mendapat syafa'atku pada hari kiamat. HR. At-Thabrani}

Demikian artikel dengan judul Contoh bacaan shalawat nabi muhammad saw yang pendek yang saya ambil dari rumaysho.com dan muslim.or.id sebagai referensinya. Kita memohon kepada Allah agar kita dimudahkan untuk mengamalkan shalawat kepada nabi SAW. Semoga Allah selalu memberikan kita petunjuk dan ilmu yang bermanfaat.(dm).


Sumber :