expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

14/10/2019

KEMANA KEADILAN BAGI MUSLIM UIGHUR DI CHINA

Penindakan RRC di Xinjiang telah mengirim hingga satu juta orang ke kamp-kamp, ​​kebanyakan orang Uighur dan Kazakh, dan banyak lagi yang hilang
Kemana Keadilan bagi Muslim Uighur di China?
RFERL.ORG

Terkait

Oleh: Eric Schluessel

PENIDASAN China terhadap warga Muslim telah memasuki tahap baru dengan munculnya berita tentang sistem pendidikan dan kamp-kamp tahanan yang bertujuan untuk mengisolasi orang-orang yang diidentifikasi oleh rezim Komunis China sebagai Muslim yang harus “disembuhkan” dari agama. Target utamanya adalah orang-orang Uighur dan Kazakh di Xinjiang – yang mereka sebut “Turkistan Timur” – oleh para pejabat China yang mengklaim membela negara mereka dari ekstremisme. Fakta-fakta malah menunjukkan mereka melakukan penganiayaan sistematis terhadap agama dan etnis minoritas.
Sejak China mengumumkan kampanye Open Up the West pada tahun 1999, mekanisme kapitalisme kroni, seperti yang dijelaskan dalam esai 2016 Chaos yang Dirampas oleh Thomas Cliff, telah dikombinasikan dengan strategi geo-ekonomi China, meningkatnya nasionalisme dan otoritarianisme untuk menghasilkan masyarakat yang semakin tidak setara di Xinjiang, yang dirusak oleh diskriminasi etnis dan dikelola oleh rezim pengawasan kecanggihan yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Otoritas China membenarkan pengeluaran tinggi pada keamanan publik dengan menggunakan bahasa ‘Perang Melawan Teror’. Seorang pejabat baru-baru ini membuat klaim hiperbolik bahwa tindakan keras itu dimaksudkan untuk mencegah Xinjiang menjadi “Suriah China”. 

Retorika semacam itu pernah mendapat dukungan diam-diam dari Amerika Serikat dan PBB, tetapi perhatian internasional telah meningkat menyusul pengungkapan penahanan massal.
Penindakan RRC di Xinjiang telah mengirim hingga satu juta orang ke kamp-kamp, ​​kebanyakan orang Uighur dan Kazakh, dan banyak lagi yang hilang. Sementara sebagian besar dari mereka yang ditahan atau dijatuhi hukuman pendidikan ulang adalah orang-orang biasa Uighur, beberapa kasus profil tinggi telah muncul, termasuk dari seorang antropolog terkemuka dan “Uighur Justin Bieber,” bersama dengan kesaksian saksi mata dari mantan tahanan dan pekerja kamp. Memasang bukti dari dokumen RRC resmi dan citra satelit kamp penjara mengkonfirmasi keberadaan program dan menyarankan cakupan dan tingkatannya – dan telah disampaikan kepada Komisi Eksekutif Kongres China dan PBB.
Perwakilan China menyangkal tuduhan tersebut, mengklaim bahwa banyak orang Uighur telah dikirim ke sekolah pelatihan kejuruan atau ditangkap karena kejahatan ringan. Secara kebetulan, banyak yang disebut sekolah kejuruan memiliki menara penjaga dan kawat silet, sementara dugaan tingkat kejahatan meningkat tajam: 21 persen dari semua penangkapan di China pada tahun 2017 dibuat di Xinjiang, yang menyumbang 1,5 persen dari populasi.
Namun demikian, respon internasional tetap dibungkam dengan faktor-faktor politik dalam permainan: Uighur, tidak seperti orang Tibet, memiliki pengakuan nama yang relatif rendah dan sedikit dukungan yang serius di luar negeri. Untuk alasan historis yang kompleks, penyebab Uighur sebagian besar telah diperjuangkan oleh politisi konservatif atau kelompok sayap kanan dengan sedikit kemungkinan untuk menerapkan kebijakan. Para politisi itu sering menyebarkan masalah Uighur secara sinis dari posisi anti-China daripada pro-Uighur. Faktor ekonomi juga mencegah kecaman internasional.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tampaknya akan menjadi sekutu alami bagi orang Turki yang berbahasa Turki, kebanyakan orang Sunni dan pernah menyebut situasi di Turkestan Timur sebagai “genosida”. Sebaliknya, Turki telah memperkuat hubungan ekonomi dengan China melalui lur sutera modern antar negara dengan semboyan “One Belt One Road” atau juga Belt and Road Initiative (BRI). (Inisiatif ini bertujuan untuk membangun jaringan perdagangan dan infrastruktur yang menghubungkan Asia dengan Eropa dan Afrika di sepanjang rute jalur sutra kuno, red).
Negara-negara Muslim lainnya telah banyak diam karena alasan yang sama, mendorong frustrasi di kalangan orang-orang Uighur diaspora. Beberapa di komunitas diplomatik menunjukkan bahwa hanya mengangkat isu hak-hak Muslim sudah cukup untuk mengakhiri diskusi produktif dengan rekan-rekan China dan dengan demikian menghalangi negosiasi perdagangan atau keamanan.
Kebijakan etnis RRC di Xinjiang telah lama menghasilkan kebalikan dari efek yang mereka maksudkan dan akan terus melakukannya. Korupsi resmi dan diskriminasi tempat kerja telah lama membantah orang Uighur akan manfaat ekonomi dari ekstraksi dan pengembangan sumber daya. Pemerintah daerah telah berusaha untuk mengurangi rasa sakit pembangunan dengan usaha-usaha yang tidak konsisten dan berakar tangan pada asimilasi budaya – sebuah contoh dekat buku teks tentang bagaimana menciptakan ketidakpuasan populer dan bahkan mendorong Islamisme anti-negara yang telah diklaim oleh Tiongkok untuk berperang selama ini.
Xinjiang adalah bentuk ekstrim dari negara pengawasan yang muncul di China. Warga di China Timur, terutama mereka yang tinggal dan bekerja di pabrik-pabrik besar, sudah mengalami teknik disiplin dan pengawasan serupa, seperti penggunaan data biometrik untuk melacak warga.
Sekretaris Partai Xinjiang Chen Quanguo, yang pertama kali bereksperimen dengan sistem “manajemen sosial gaya-grid” -nya di Tibet, telah menunjukkan kemanjuran lanjutan dari menggabungkan pengawasan teknologi dengan memaksa warga untuk saling mengawasi satu sama lain. Teknik semacam itu dapat diterapkan di tempat lain, di mana negara-negara menginginkan kontrol dan perusahaan yang memproduksi teknologi keamanan mencari keuntungan.
Di Xinjiang, kecanggihan teknologi dari sistem pendidikan ulang (re-education) dan pengawasan menunjukkan kepada beberapa pengamat bahwa negara partai mungkin akhirnya telah menciptakan populasi Uighur Sinicized yang sekuler yang diinginkannya selama beberapa dekade. Sinicization, adalah suatu proses di mana masyarakat non-China berada di bawah pengaruh budaya China.
Beberapa laporan menyatakan bahwa program pendidikan ulang (re-education) direncanakan akan berlangsung selama 30 tahun, cukup lama untuk menghasilkan generasi yang direndam dalam pemikiran Xi Jinping. Laporan bahwa anak-anak tahanan telah ditempatkan di panti asuhan mengingat praktek Uni Soviet menempatkan bangsal negara yang terlatih baik dalam posisi kepemimpinan.
China akan berhasil jika iklim internasional tidak berubah dengan cepat. Hilangnya kepemimpinan moral AS yang kredibel dan kekuatan militer di Asia Tengah menyulitkan sekutu Uighur di Amerika Serikat untuk menengahi, meskipun beberapa orang mungkin berbicara secara tepat karena mereka tidak berkewajiban untuk mendukung kata-kata mereka dengan tindakan. Prospek perubahan dari dalam suram, dan pemberontakan domestik di Xinjiang mungkin akan segera gagal.
Sementara itu, ketika China mengadopsi postur kekuatan super, tindakannya akan menciptakan preseden, dibenarkan dalam hal interpretasi RRC tentang hak asasi manusia dan desakan pada kebijaksanaan dalam “masalah internal.” Pandangannya suram.*
Penulis adalah Asisten Profesor Sejarah dan Politik Tiongkok di University of Montana dan Fellow Mellon di Institute for Advanced Study. Dilansir Khaleej Times dan diterjemahkan dari bahasa Inggris oleh Sirajuddin Muslim